Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Mentransfer Foto-foto Anda dari Facebook ke Google+

Setelah pada artikel pembelajaran sebelumnya kita telah belajar cara mentransfer teman-teman Facebook kita ke Google+, kali ini kita belajar sesuatu hal baru lainnya tentang apa yang bisa kita lakukan untuk memindahkan setiap konten-konten yang berada di Facebook kita ke Google+. Dan kali ini sebuah tips bagaimana cara kita memindahkan semua foto yang ada di Facebook ke Google+.

Memang sulit jika harus memindahkan satu persatu dari setiap foto-foto kita yang ada di Facebook ke Google+. Namun bukan berarti tidak ada cara instan yang dapat kita gunakan. Ada sebuah tool Google Chrome Extension untuk itu! Sebenarnya, ekstensi "Move Your Photos", yang dikembangkan oleh Aman Kumar Jain, memanfaatkan layanan foto Google Picasa, yang berfungsi sebagai fasilitas penyimpanan/jembatan antara dua platform jaringan sosial. Kesederhanaan ekstensi ini bekerja sebenarnya cukup cerdik.

Ekstensi "Move Your Photo" masuk ke akun sasaran Facebook, memindai (scan) foto-foto yang tersedia, dan kemudian memungkinkan pengguna untuk memilih mana yang mereka ingin upload ke Picasa. Setelah download selesai, pengguna dapat berbagi gambar yang diekstrak pada account Google+ mereka. Screenshot di bawah ini menunjukkan bagaimana ekstensi menyajikan gambar untuk meng-upload:

Belajar Internet Marketing, Entrepreneurship | Increase your traffic!
Seperti yang Anda lihat, proses ini sangat sederhana dan sangat efektif. Begitulah, sampai Facebook mem-blok itu dan kepingan konten ekstensi Google Chrome lainnya. Review untuk ekstensi sebagian besar positif, meskipun, ada juga masalah privasi yang jelas, seperti yang ditunjukkan oleh member Google, Diane:

"Aku memindahkan lebih dari 1000 foto dari FB ke Picasa. Butuh sekitar empat restart, tetapi itu telah selesai. Semua foto sekarang memiliki cap tanggal tanggal, bukan tanggal penciptaan atau bahkan saat ini saya upload itu ke FB, jadi itu sedikit menyakitkan, dan tentu saja, tidak ada komentar atau deskripsi. Tapi sebuah alat kecil yang hebat. Pikirkanku akan uninstall sekarang karena saya khawatir tentang berapa banyak akses data yang saya miliki" :-(

Ini diragukan Facebook yang pernah mengatasi ketakutan orang tentang privasi mereka. Jika Google+ tidak mengurangi Facebook ke status MySpace, akankah itu karena Google+ jauh lebih baik atau karena orang merasa lebih aman dengan layanan ini?

Meskipun isu yang ada mengatakan bahwa Facebook telah memblokir ekstensi Google Chrome ini, banyak user yang merasa bahwa ekstensi ini masih tetap bekerja, tidak ada masalah dengan proses upload ke Picasa. Silahkan Anda mencobanya sendiri, apakah saat ini ekstensi tersebut masih bekerja atau benar-benar sudah di blokir oleh Facebook. Semoga pembelajaran ini bermanfaat...

NOTE: Tips ini kami dapatkan dari Rick Malins di akun Google+ nya yang ditunjukkannya secara publik.

Belajar Internet Marketing, Entrepreneurship | Increase your traffic!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

World Time

Powered By Blogger