Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Agar Teman Facebook Anda Berada di Google+

Bagi Anda yang telah memiliki akses ke Google+ (pelajari tentang proyek Google+ di sini) namun masih memiliki sedikit teman dalam lingkaran Anda, ada sebuah kabar gembira yang tentu sangat ditunggu-tunggu para pengguna online khususnya pengguna Google+. Don Dodge (Pengembang Advokat di Google), telah memposting ke blog pribadinya (dan berbagi melalui Google+) sebuah cara untuk mentransfer teman-teman Facebook ke Google+. Namun jika Anda masih belum memiliki akses ke Google+, silahkan baca tutorialnya terlebih dahulu di sini.

Untuk mempermudah teman-teman pembaca setia artikel pembelajaran uprian.com ini, kami telah menterjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia, mengenai cara mentransfer teman-teman Facebook kita ke Google+ sebagaimana yang telah direkomendasikan oleh Don Dodge.

Belajar Internet Marketing, Entrepreneurship | Increase your traffic!
"Facebook telah sengaja dibuat sulit bagi Anda untuk mengelola daftar teman Anda atau memindahkan mereka di tempat lain," kata Don Dodge. "Ada beberapa alat pihak ketiga untuk membantu Anda melakukan ini dan mereka semua bekerja di sekitar itu dengan cara yang sama. Facebook juga aktif mematikan atau memblokir alat-alat ini sehingga Anda mungkin ingin melakukan ini lebih awal." Dia kemudian memberikan langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. SET UP account Yahoo email jika Anda sudah memilikinya. Ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan Gmail karena Facebook telah memblokir itu.
  2. Masuk ke account Yahoo mail Anda yang digunakan sebagai email account Facebook Anda.
  3. Pergi ke email, klik "Kontak", pilih "Import Kontak (Pindahkan kontak Anda dari account lain)", dan pilih Icon bergambar "Facebook". Anda mungkin perlu mencoba ini BEBERAPA KALI sampai selesai.
  4. Jika langkah di atas sudah selesai, maka yang harus Anda lakukan adalah buka kembali Menu "Kontak" dan pilih semua daftar kontak baru Anda (centang pada "pilih semua"). Dan klik menu "Tindakan" yang ada di sebelahnya, kemudian pilih "Ekspor semua". Pada halaman ekspor, klik "Ekspor to CSV file". Berikan file tersebut sebuah nama (dalam beberapa kasus file tersebut akan otomatis dengan nama "yahoo_ab.csv) dan simpan ke desktop Anda.
  5. Buka Gmail dan klik "Kontak/Kenalan", kemudian "Impor Data Kenalan". Browse ke file CSV yang baru saja Anda impor.
  6. Berikan Grup Baru sebuah nama seperti "Facebook Friends", tekan "OK" dan otomatis akan mulai meng-impor.
  7. Pergi ke Google+ Circles (Lingkaran). Import Facebook Teman Anda dengan klik "Unggah buku alamat" yang akan muncul di bawah "Find & Invite (Temukan & Undang)".
  8. Tambahkan teman untuk Lingkaran yang masuk akal bagi Anda. Anda juga dapat membuat lingkaran baru dan mengundang mereka ke dalam lingkaran itu.
Mendapatkan orang untuk meninggalkan Facebook ke Google+ mungkin menjadi tantangan terbesar yang Google hadapi dalam menumbuhkan basis penggunanya. Tentu, Anda dapat menggunakan keduanya, tetapi jika setiap orang yang berkomunikasi dengan Anda di Facebook berada di Google+, berapa banyak alasan yang akan Anda miliki untuk tinggal di keduanya?

Tentu saja banyak hal yang sudah terjadi di Facebook sebagai platform sosial media terbesar saat ini dan mereka telah memilikinya, sedangkan Google+ tidak berada pada poin ini. Sebagai contoh, aplikasi yang tak terhitung jumlahnya dimana pengguna telah terbiasa menggunakannya (atau dalam beberapa kasus bahkan KECANDUAN). Banyak yang mengatakan, Google juga telah melakukan akuisisi di bidang game, jadi kami ragu bahwa hal semacam itu jauh bagi Google+.

Dengan adanya pengguna Google+ yang berasal dari Facebook, tentu Google+ akan menjadi lebih bermanfaat bagi penggunanya. Ini berarti sebuah alasan untuk tetap terlibat dengan "pelayanan". Tanpa teman Anda, itu hanya sebuah konsep keren yang tidak akan pernah terwujud untuk lebih dari alat jenis-jenis pembaca berita lainnya (seperti Twitter untuk kebanyakan orang). Dengan teman sejati (seperti Facebook), akan menjadi sulit untuk meninggalkannya.

Namun yang PERLU Anda catat di sini bahwa kegiatan impor kontak berdasarkan tutorial di atas tetap tidak berguna jika seluruh kenalan/teman Anda di Facebook menggunakan email Yahoo. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa untuk mendapatkan akses ke Google+, pengguna haruslah telah memiliki akun Google dan yang sudah terintegrasi langsung dengan akun Gmail dan juga termasuk dengan produk-produk Google lainnya.

NOTE: Efektifkah cara seperti ini untuk menjaring pengikut di Google+? Berikan pendapat Anda pada kotak komentar di bawah postingan artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

World Time

Powered By Blogger